Minggu, 01 Agustus 2010

Fit & Proper Test Untuk Calon Suamiku


Before says “yes”.........

1. Bagaimana anda mengenal Allah? Tolong ceritakan sedetil mungkin.
2. Kapan anda pertama kali bertaubat sungguh-sungguh? Kalau boleh tau, kesalahan apa yg anda mintakan ampun kpd Allah waktu itu? Pernahkah anda mengulangi kesalahan itu? Apa yg membuat anda terjerumus pada kesalahan itu di masa mendatang? (Jika dia menganggap itu aib yg anda tdk perlu tau, jgn sekali-kali anda mendesaknya untuk menjawab. Tunjukkan rasa hormat anda atas pilihannya untuk tidak menjawab)
3. Adakah kesalahan kepada Allah yg selalu anda lakukan dan sampai hari ini belum anda mintakan ampun kepada Allah? Kalau boleh tau kesalahan apa itu? (begitu juga dgn yg ini)
4. Seberapa sering anda ingkar kepada Allah terutama kalau sedang sendirian? Dalam bentuk apa keingkaran itu? (begitu juga dgn yg ini)
5. Tolong ceritakan bagaimana hubungan anda dengan Allah saat ini?
6. Dalam seminggu terakhir, berapa kali anda gagal mengikuti shalat fardhu berjama’ah sesudah adzan berkumandang? Kenapa?
7. Dalam seminggu terakhir, berapa kali anda gagal membaca Al Qur’an minimal 50 ayat perhari? Kenapa?
8. Dalam seminggu terakhir, berapa kali anda gagal bangun shalat tahajjud?
9. Dalam seminggu terakhir, berapa hari yang anda lewatkan tanpa bershadaqah atau berinfaq untuk orang miskin dan sabilillah? –indikasi medit or not,,xixixi…--
10. Tolong sebutkan 5 langkah pertama dan yg akan anda lakukan secara istiqomah untuk membangun rumah tangga yg taat kepada Allah dan rasul-Nya? Kenapa anda memilih 5 langkah itu? Bagaimana cara anda melaksanakannya?
11. Saya mau buka rahasia. Sebenarnya saya sudah memiliki seorang laki-laki yg sangat saya cintai. Orangnya kalem, pintar, ganteng, dan sangat sopan. Hanya kepada dia saya memberikan cinta saya lebih dari kepada lelaki lain. Bersediakah anda mengizinkan saya melanjutkan cinta saya kepada lelaki ini, kalau anda suami saya? (biarkan dia salah tingkah dulu. Mungkin juga dia akan menjawab secara emosional. Perhatikan mimic wajahnya, wajah seperti itulah yg akan anda lihatsetiap kali kelak anda bertengkar dan mengingatkan dia dengan ayat Allah atau hadist rasulullah. Setelah anda merekam mimic wajahnya, barulah anda katakana…) laki-laki itu bernama Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wa sallam. Bagaimana caranya supaya saya semakin mencintai beliau, lebih dari saya mencintai suami saya? – I like this part. Heheh..--
12. Apa saja rencana anda dalam menghidupkan sunnah Nabi Muhammad Saw dalam rumah tangga yang akan anda bangun? Bagaimana anda melaksanakannya?
13. Ada 3 hal yg insya Allah akan selalu saya perbaiki dalam diri saya secara bersunggu-sungguh sampai saya mati : ibadah saya, ilmu saya, dan amal shalih saya. Apa saran anda untuk saya?
14. Tentang ibu anda, ceritakan sebanyak mungkin hal penting yg menurut anda perlu saya ketahui tentang beliau? –yeah..its very very very important things 4 women, biar kompak ma mertua,,hahayy--
15. Sejak anda dewasa, pernahkah anda membuat beliau sangat marah? Apa sebabnya? Apa yg anda lakukan setelah itu?
16. Dalam seminggu terakhir, berapa kali anda mencium tangan & memeluknya dengan mesra? Kalau anda tinggal berbeda kota dengan beliau, berapa kali anda menelfonnya dalam seminggu terakhir? Apa kata-kata yg paling sering anda sampaikan ke beluai sebelum anda menutup telfon?
17. Jika ibu anda melakukan kesalahan, apa yg anda lakukan untuk mengingatkannya?
18. Menurut anda, adakah hal tertentu dari ibu anda –apakah itu perbuatan atau perkataan—yg sangat mempengaruhi cara anda memperlakukan wanita, terutama kelak istri anda? Apakah itu?
19. Jika kelak terjadi pertengakaran atau ketegangan antara ibu dan istri anda, apa yang akan anda lakukan? –upss,,but mostly happen, right?--
20. Tentang ayah anda, ceritakan hal-hal penting yg menurut anda perlu saya ketahui tentang beliau?
21. Apa saja yg menurut anda bisa menghancurkan hubungan suami istri? Apa rencana anda untuk menghindarinya?
22. Apa saja yg menurut anda bisa menggagalkan sebuah rumah tangga dalam menghasilkan anak-anak yg shalih? Apa rencana anda untuk menghindarinya?
23. Tentang mencari nafkah, kalau pendapatan rumah tangga anda kurang memadai, jenis pekerjaan apa yg sebaiknya dilakukan oleh istri anda untuk membantu mencari nafkah?
24. Bagaimana mati yg anda inginkan? Apa rencana-rencana anda untuk itu? –syerem ya? Tapi penting loh..--

Mudah-mudahan Allah Subhannahu wa ta’ala membuka segala sesuatu yg paling mendasar untuk anda ketahui tentang dia lewat pertanyaan-pertanyaan di atas. Jawaban-jawaban dia insya Allah akan member anda informasi tentang siapa sesungguhnya pria yg ingin mengajak anda mengarungi hidup yg hanya sebentar ini dan mempersiapkan diri memasuki akhirat dengan mengambil posisi sebagai nakhkoda dan imam anda.

Tetapi ada 1 hal yg perlu anda lakukan sebelum memutuskan apakah dia cocok dengan anda? Pergilah ke depan cermin, pandangilah bayangan mata anda, lalu tanyakan satu persatu pertanyaan diatas tadi kepada diri anda sendiri, dan jawablah dengan jujur! Karena anda pun perlu melewati ujian yg sama untuk menilai sudah siapkah anda menjadi calon istri dan ibu yg shalihah.

Smoga bermanfaat ^_^

This note take from Alia Magazine, written by Dzikrullah

3 komentar:

  1. MaaSyaaAllah tabarakallah, syukron katsiran um, sangat² bermanfaat untuk nantinya menjadi pembahasan kepada calon:') semoga Allah senantiasa ada dalam hati kitaya um{} aamiin

    BalasHapus