Rabu, 20 April 2011

Kawah Putih Ciwidey, Bandung



Kawah putih terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih. (kumpulaninfo.com)

Disebut kawah putih adalah karena kawah ini memiliki dataran berwarna putih yg terbuat dari belerang. Akan tetapi air kawah berwarna hijau muda yang sangat cantik.

PERJALANAN
Berangkat jum'at malam setelah pulang kantor di kawasan pulogadung Jakarta Timur, kami ditantang untuk menaklukkan salah satu titik biang kemacetan jakarta yaitu Jl. Cakung Raya sebelum akhirnya masuk tol cakung-jagorawi.

Awalnya kami (saya dan teman-teman kantor,) berniat untuk travelling ke Green Canyon, Ciamis. Tapi karena jarak yang cukup jauh (8 jam perjalanan) dari jakarta dan belum pernah ada yang kesana sebelumnya, akhirnya kami membelokkan tujuan kami ke lokasi wisata yang lebih dekat tapi tak kalah eksotis, KAWAH PUTIH.

Berangkat ke kawah putih jam 10.00 dari kawasan Dago Bandung tempat kami menginap di rumah salah satu kawan yang ikut trip kami, akhirnya tiba di kawah putih sekitar jam 12.00 wib. Sebetulnya dago-kawah putih bisa di tempuh hanya dalam waktu 45 menit sampai 1 jam perjalanan. Tapi karena Bandung yang selalu macet pada akhir pekan, maka kami menempuhnya dalam 2 jam.


HARGA TIKET

Tiket masuk kawah putih adalah Rp.16.000/orang (April 2011) sedangkan tiket mobil pribadi jika ingin parkir di atas (kawasan parkir dekat kawah) dikenakan tarif Rp.150.000/mobil.

Jarak dari pintu masuk bawah dengan pintu masuk kawah di bagian atas cukup jauh, sempit dan curam, meskipun jalanan lumayan mulus. Tapi bagi yang datang dengan kendaraan umum (termasuk backpacker) tak perlu khawatir, pihak pengelola kawah putih bekerjasama dengan penduduk setempat menyediakan shuttle bus seperti angkot untuk naik ke kawah, tapi tidak gratis. Anda bisa membayar Rp.25.000/orang sudah termasuk tiket masuk. Kendaraan ini juga akan mengantar anda turun ke bawah, tidak harus dengan mobil yang sama dengan yang mengangkut anda ke atas tapi boleh dengan mobil manapun yang stand by di halte atas.


UDARA & CUACA

Udara di sekitar daerah ciwidey khususnya daerah kawah putih sangat dingin. Bagi anda yang tak kuat dingin saya sarankan untuk menggunakan jaket. Bau belerang yang cukup kuat sangat menusuk hidung hingga dapat membuat anda terbatuk-batuk. Sebaiknya anda membawa masker atau syal untuk menahan bau belerang ini.


TRANSPORTASI
Untuk menuju Terminal Ciwidey bisa menggunakan angkot menuju Soreang atau bis langsung ke Terminal Ciwidey. Namun bagi yang tiba di Terminal Leuwipanjang sebelum jam 6 pagi bis yang melayani langsung Terminal Ciwidey belum beroperasi (tarif bis Rp 12.000). Tapi tidak usah khawatir anda bisa menggunakan angkot hijau strip merah menuju Terminal Soreang dengan tarif Rp 5.000 lalu dilanjut menggunakan angkot L300 warna putih ke Terminal Ciwidey (Rp 6.000).




8 komentar:

  1. kalau sekarang apa masih harganya segitu?

    BalasHapus
  2. Soal harga, khususnya harga angkot kemungkinan sih belum naik, karena tarif angkot di Indonesia kan biasanya naik seiring dengan kenaikan harga BBM, benerkan? Kalo harga tiket kemungkinan sih belum berubah soalnya harga tiket yg saya cantumkan adalah harga April 2011. Kalaupun berubaha, semoga masih tercover sebagai biaya tak terduga dalam budget plan jalan-jalan anda. Happy travelling ^^

    BalasHapus
  3. Kok lebih mahal daripada masuk Curug Dago yaaa? apa ini permainanan penjaga gerbang ?

    BalasHapus
  4. Ini harga resmi kok, bayarnya di gerbang masuk resmi dan harga juga tertera di papan harga.

    BalasHapus
  5. aaahhh,, org yg ngejaga nya ga bener,, mentri parawisata jg ga bener, gimana parawisata indonesia maju kalo objek wisata mahal gitu, orang kaya aja segan buat masuk semahal itu, apa lagi yang miskin !!!!

    BalasHapus
  6. kalo ongkos masuk dan ongkos angkot dari parkiran ke kawah putih, untuk hari raya berapa ya???????

    mohon infonya donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo info pasti harga tiket hari raya 2013 sih saya gak punya. Tapi berdasarkan pengalaman lebaran tahun lalu di beberapa artikel menyebutkan adanya kenaikan harga tiket masuk.

      Coba cek artikel berikut : http://denisetiawan.com/wisata-bandung-kawah-putih-ciwidey.html

      Hapus
  7. di kawah putih adem bangeet~~ pastiin jangan salah kostum ya :D

    BalasHapus