Kamis, 06 Januari 2011

Map of Singapore MRT Station

Dengan semakin murahnya tarif pesawat yang diakomodasi oleh maskapai penerbangan murah meriah alias Budget Airlaines dan didukung dengan dihapuskannya tarif/biaya fiskal yang mahal itu, maka travelling ke luar negeri menjadi semakin terjangkau. Salah satu negara tujuan yang paling ramai dikunjungi pelancong nusantara ya Singapore.

Nah,,untuk sedikit membantu lancarnya travelling anda di Singapore, berikut adalah peta Jalur & Stasiun MRT di Singapore.


Cara membacanya mudah saja kok, carilah nama stasiun yang dituju, kemudian lihat statiun awal & stasiun akhir dari jalur tsb. Sehingga kita jadi tahu jalur warna apa yang melewati stasiun yang kita tuju. Jika kita harus transit atau ganti jalur karena kita berangkat dari stasiun yng bukan jalur tujuan, perhatikan di stasiun mana kita bisa transit.

Dalam MRT Singapore tidak ada pengeras suara yang menginformasikan kita sedang berada di stasiun mana (tidak seperti di transjakarta). Tapi ada peta jalur stasiun di setiap pintu masuk MRT yang ada kode lampunya. Jadi, kita tetap bisa mengetahui MRT sedang berjalan menuju ke stasiun mana.

Untuk pembelian karcis MRT ada 2 cara yang bisa digunakan. Pertama, bisa membelinya di mesin karcis otomatis yang tersedia di setiap stasiun MRT. Pilih stasiun tujuan, lalu masukkan uang untuk membayar karcis yang tersedia dimesin (jika tak punya uang kecil, mesin bisa memberikan kembalian kok). Lalu akan keluar tiket serupa ATM atau tiket busway untuk bisa masuk ke jalur MRT yang dituju. Kedua, beli deposit karcis seharga 15 SGD yang isinya senilai 10 SGD. Sisa nilai 5 SGD adalah untuk deposit kartu. Jika kartu tidak digunakan lagi, kartu bisa dikembalikan dan uang yang 5 SGD pun akan kembali ke kantong anda.

Selamat menikmati kecanggihan MRT ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar