Sabtu, 05 Oktober 2013

Tips Bikin Itinerary & Budget Traveling ala Backpacker

Berikut tips yang mau saya share mengenai bagaimana cara menyusun itinerary (itin) dan budget traveling ala backpacker hasil pengalaman pribadi, baik traveling dalam negri maupun diluar negeri.

Jadi, buat anda yang hanya punya waktu singkat untuk mengexplore sebuah wilayah tapi ingin tetap maksimal, pertama-tama browsing sebanyak-banyaknya informasi mengenai daerah tujuan, dengan urutan :
1. Tempat wisata + tarif tiket masuk
2. Makanan khas + tarif dan lokasi penjualnya
3. Jalur transportasi + tarifnya
4. Akomodasi alias penginapan + tarifnya.

Kemudian susunlah daftar tempat wisata yang akan dikunjungi sesuai dengan wilayah terdekat masing-masing tempat agar pengaturan dan pembagian waktu lebih efektif. Jika anda tidak tahu, maka bukalah peta untuk mengetahui letak tempat wisata tersebut. Jika anda buta peta, maka carilah info atau contoh itin dari pengalaman orang lain.

Kemudian mulai cari tau transportasi apa yang akan digunakan untuk menuju tempat-tempat tersebut. Berapa ongkos masing-masing angkutan transportasi. Anda perlu tau juga jam operasional angkutan umum tersebut, agar anda tau jam berapa maksimal anda bisa berada di suatu tempat wisata dan masih bisa kembali melanjutkan perjalanan atau jika kemalaman disuatu tempat anda jadi tau apakah anda masih bisa menggunakan alat transportasi tersebut atau mencari alternatif lainnya (cari infonya juga). Mungkin anda pikir mudah saja kenapa tidak bertanya pada penduduk setempat. Hal itu tetap dilakukan, tapi sebagai tindakan preventif agar kita tahu apakah kita di bohongi atau tidak atas info tsb akan lebih baik jika anda memiliki persiapan informasi lebih lengkap di awal perjalanan bukan?

Terakhir, jika anda berencana menginap dalam perjalanan anda, tentukan dimana sebaiknya anda bermalam, apakah di bus, di kereta, atau di penginapan. Pilihan tempat menginap tentu saja akan mempengaruhi efektifitas itin dan berpengaruh juga ke budget traveling anda.

Contohnya, ketika saya traveling ke Malaysia. Daripada menginap di KL saya memilih menginap di kereta malam dari KL menuju Penang. Jadi biaya menginap di hostel dihemat dengan beristirahat di kereta malam menuju penang. Atau jika anda memilih menginap di penginapan, cari info beberapa penginapan agar anda punya beberapa pilihan dengan harga murah tapi tetap nyaman.

Nah, setelah semua info tsb sudah terkumpul tinggal itung aja deh budgetnya. Budget transport, penginapan dan tiket masuk tempat wisata kan sudah dapat tuh. Tinggal tambahin budget makan dan budget oleh-oleh deh. Selesai sudah nyusun itin dan budgetnya.

Beberapa contoh itin dan budgetnya bisa anda baca di beberapa artikel perjalanan saya di blog ini. Contohnya: http://deardesy.blogspot.com/2013/04/backpacker-ke-sawarna.html

Selamat mencobaaaaa...!!



3 komentar:

  1. desy... megy awal jan 2015 mau ke KL dpt free seat airasia kmrn hehehe, btw wkt perjalanan KL-penang by train berapa jam? and tempat yang menarik yang wajib didatangi di Penang apa aja, jeung?

    BalasHapus
  2. Hallo megy.. wah senangnya dapet juga berburu free seat air asia. Congrat yaa..
    KL-Penang denga kereta sekitar 6 jam. Desy waktu itu ambil kereta malam yang berangkat jam 11 malam dari KL dan sampai Penang jam 5 pagi. Nama stasiunnya Butterwood. Sebenernya stasiun kereta ini belum masuk wilayah penang. Karena Penang adalah sebuah pulau, dan stasiun butterwood ada diseberang pulau penang.

    Tapi jangan khawatir, dari stasiun butterwood ke pelabuhan feri untuk nyebrang ke pulau penang deket aja kok, sekitar 150 meter, jadi cukup jalan kaki aja. Nyebrang feri-nya juga gak lama, cuma 30 menit.

    Pelabuhan penang dempetan sama terminal bus penang. Jadi turun kapal bisa langsung pilih bus sesuai tempat tujuan. Ada juga free shuttle bus atau bus wisata gratis untuk keliling penang diterminal itu. Tinggal tanya aja sama kernet bus yang ada disana. Biasanya bus wisata gak masuk terminal, tapi ngetem didepan terminal.

    Yang menarik dipeang ada 2 hal, pertama peang terkenal sebagai pusat wisata kuliner Malaysia. Kedua, penang juga terkenal dengan wisata kota tua karena banyak bangunan tua zaman penjajahan inggris yang masih terawat rapi bahkan masuk ke dalam world herritage.

    Tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi rekomedasi desy, adalah Kek Lok Si temple yaitu sebuah temple dengan patung budha yang gede luar biasa terletak disebuah bukit dengan pemandangan ciamik. Lalu kunjungi juga bukit bendera atau nama lainnya penang hills, tempatnya sih semacem puncak bukit gitu, tapi viewnya adalah seluruh kota penang. Tapi yang paling seru menurut desy ya kereta untuk naik turun bukitnya. Semacam trem dengan jalaur naik turun yang cukup curam karena tingkat kemiringannya 45-60 derajat cuuuy. Terakhir ya foto-foto di sekitar wilayah yang masuk kawasan gedung tua/world heritage. Untuk wisata kuliner pusatnya ada ditempat makan yang namanya gurney drive, semacam outdoor food court dengan berbagai makanan khas malaysia yang banyak banget pilihannya. Kalo kesini hati-hati ya, karena walaupun malaysia mayoritasnya muslim tapi banyak juga beredar makanan tidak halal. Dan di gurney drive ini dibagi 2 area, yaitu area makanan halal dan non halal.

    Btw megy berapa hari di KL? Kalau gak lama saran desy sih baiknya eksplore KL & daerah putra jaya. Atau kalau mau keluar kota tapi relatif lebih dekat ya ke Malaka. Desy belum pernah sih tapi keknya sama bagusnya dengan penang.

    Oke deh,,masih ada waktu untuk memilih dan nyusun itenerary. So happy travelling megy ^,^/

    BalasHapus
  3. untuk, pengidapan di singapura kayak apartemen style di lucky plaza bisa booking lewat online..
    di
    - www.luckyplaza.sg
    - www.budgethotel.com.sg
    - www.sewa-apartemen.sg

    salam hormat
    ben

    BalasHapus