Minggu, 06 November 2011

Pesona Banjarmasin - Kota Seribu Sungai

Kali ini perjalanan saya tidak ala backpacker, tapi ala koper. Karena tujuan utamanya memang bekerja, bukan jalan-jalan. Tapi buat saya yang hobi jalan-jalan, walaupun dalam tugas kantor tapi tetap wajib curi waktu untuk jalan-jalan. Baik wisata kuliner maupun wisata alam sampai wisata belanja, hehee..

Sungai Barito
Sebagai daerah dengan julukan kota seribu sungai, Banjarmasin memang memiliki banyak aliran sungai yang membelah kota. Mulai dari sungai-sungai kecil, sampai sungai yang sangat besar seperti sungai Barito. Nama Barito diambil berdasarkan nama daerah Barito yang berada di hulu termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah. Panjang Sungai Barito mencapai 900 km, dengan lebar antara 650 m hingga mencapai 1000 m.


Sebagai orang yg lahir dan besar di ibukota, saya belum pernah melihat sungai sebesar sungai Barito. Saat pertama kali menjelajahi sungai barito dengan perahu, perasaan saya berdebar luar biasa. Sambil merapal dzikir kepada Sang Maha Pencipta. Karena saya tidak ingin teman saya ikut panik, saya berusaha tutupi kegugupan saya dengan mengagumi pemandangan sekitar sungai.

Kapal tongkang besar yang biasa saya lihat di laut terutama selat sunda dengan leluasanya lewat di sungai ini bersisian dengan kapal-kapal kecil yang wara-wiri baik dengan bermesin maupun berdayung.


Pasar Terapung
Pasar Terapung Muara Kuin adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi.
Yang unik di pasar ini masih terjadi transaksi barter, seperti jagung di tukar dengan daun sirih. Unik kan?

Untuk bisa ke tempat ini dengan angkutan umum (tips backpacker). Anda bisa memenyewa angkot. Tarifnya tergantung jarak dan nego anda dengan supir angkot. Kalo saya dari depan Hotel sewa angkot Rp.100rb PP gak pake nawar, abis kasian sama abang supirnya yg dah tua :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar