Sabtu, 01 Mei 2010

Review: 3 Idiots,, very awesome movie in 2010


Pertama denger and liat trailer film 3 idiots,,"iih.... ga banget sih nie film" batin saya. Bad first impression karena saya pikir, ga penting banget bikin film tentang orang idiot, apa manfaatnya? cuma mengeksploitasi kekurangan orang trus dijadiin bahan ketawaan. Lebih ekstrim lagi saya anggap bikin film tentang orang idiot hanya untuk jokes adalah ga manusiawi.

But next,,ada seorang temen di facebook yang bilang klo film itu bagus banget. Trus saya dapet rekomendasi juga dari seorang temen kerja keturunan India yang dah nonton film itu di Australia. Jadi makin penasaran deh. Klo my name is khan aja dah beda sama kebanyakan film Bollywood lainnya, apa ini juga sebagus "my name is khan" ya?

Ternyata, film yang di sutradarai oleh Raj Kumar Hirani ini diangkat dari sebuah novel yang berjudul "Five Point Someone" yang merupakan novel pertama dari Chetan Bhagat's. Awalnya, Hirani menginginkan tokoh Rancho dimainkan oleh Shah Rukh Khan dengan Kajol sebagai pasangannya. Tapi karena keduanya sibuk shooting my name is khan, maka akhirnya peran tersebut di serahkan pada Amir Khan.

Sayangnya 3 idiots ga tayang di 21 cineplex, hanya tayang di Blitz Megaplex. Berhubung Blitz agak jauh dari rumah and biasanya agak mahal harga tiketnya, so rasa penasaran ingin nonton agak terhambat. Sampe someday saat ada waktu jalan-jalan di Roxy Mas saya sempet-sempetin nyari DVD nya.

Film ini menceritakan 2 sahabat yaitu Farhan & yang mencari sahabat mereka Rancho yang menghilang setelah lulus kuliah. Cerita diawali saat Farhan, salah satu anggota 3 idiots, sedang dalam pesawat yang siap take off tiba-tiba dapat telepon penting dari seseorang yang menginformasikan bahwa Rancho-salah satu anggota 3 idiots- sahabat mereka yang menghilang tanpa kabar setelah lulus kuliah telah kembali. Pesawat yang sudah mulai terbang tiba-tiba harus kembali mendarat karena keadaan darurat. Farhan tiba-tiba pingsan karena serangan jantung. Guest what? yes..itu salah satu tipuan konyol Farhan untuk membatalkan penerbangan karena dia harus segera menemui Rancho.

Yang paling menarik dalam film ini adalah tokoh Rancho yang diperankan sangat baik oleh Amir Khan. Rancho adalah seorang mahasiswa cerdas yang mempunyai pola pikir yang berbeda dengan kebanyakan orang, sangat optimis, ceria dan sangat charming. Rancho mempunyai kekuatan untuk selalu membuat orang lain disekitarnya tersenyum dan mampu membuat seorang dosennya yang paling senior & galak akhirnya mengakui kecerdasannya.

Walaupun durasi film ini hampir 3 jam (seperti kebanyakan film india :D) tapi tidak terasa, karena film ini sangat tidak membosankan. Memang masih ada tarian dan nyanyian ala film india pada umumnya tapi tidak menganggu keasikan nonton film ini. Justru saya salut karena walaupun sudah go international tapi film-film india tetap mempertahankan ciri khasnya dengan tarian & nyanyian.

Menurut saya sih, ini film india terbaik yang saya pernah saya tonton, bahkan lebih bagus dari my name is khan. Dan film ini sekaligus film india dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah dengan menangguk keuntungan sebesar 86 juta US dollar. Rugi deh klo ga nonton karena film ini sarat pelajaran hidup & beda banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar